tir


Rabu, 06 Februari 2013

MENGETAHUI FUNGSI MOUSE



Mouse adalah piranti penunjuk yan gumum dipakai dalam sistem komputer. Piranti ini biasanya dipakai untuk sistem operasi yang berbasis tampilan grafis misalnya Windos XP. Mouse digunakan untuk menunjukkan data atau perinta yang ditampilkan pada layar monitor.

Berkaitan dengan penggunaan mouse, terdapat sejumlah istilah seperti mouse pointer, click, double click dan drag.
  • Mouse pointer atau penunjuk mouse adalah tanda yang menyatakan posisi mouse pada layar. Umumnya berbentuk tanda panah akan tetapi bisa diubah sesuai keinginan.
  • Klik berarti menekan salah satu tombol yang ada di mouse dalam waktu singkat, kemudian melepaskan kembalik. Perlu diketahui bahwa jika Anda menjumpai istilah klik tanpa disertai informasi tombol yang harus diklik seperti tombol klik kanan dan klik kiri, maka yang dimaksudkan adalah mengklik tombol kiri.
  • Klik ganda atau double klik menyatakan tindakan mengklik dan melepaskan kembalik tombol kiri mouse dua kali secara beruntun dalam waktu yang singkat.
  • Penggunaan klik dan tarik atau click and drag umumnya bermanfaat untuk memperlancar pemakaian program aplikasi. Salah satu contoh pemanfaatannya adalah untuk memindahkan gambar dalam suatu dokumen ke lkasi lain dalam dokumen tersebut.
Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah seperti berikut;
1.      Tekanlah tombol kiri mouse dan tahan
2.      Tariklah penunjuk mouse ke lokasi yang dikehendaki
3.      Lepaskan penekanan terhadap tombol kiri mouse.
Fungsi mouse ini juga untuk menjalankan suatu aplikasi yang ada di komputer dengan cara mengklik aplikasi yang akan dijalankan. Berjalannya kemajuan teknologi, jenis mouse yang sekarang dijual di pasaran sudah memiliki fungsi yang lebih dari hanya click & drag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Moh. Subkhi - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes